BAB I
PENDAHULUAN
Tabel 1.1
Beberapa Usaha yang Khusus
Mengincar Pasar Pakaian Muslim
No.
|
Nama
|
Sifat
|
No.
|
Nama
|
Sifat
|
1
|
Hira Fashion
|
Dagang
|
18
|
Hade Royan Garment
|
Pabrikan
|
2
|
Firza Fashion
|
Dagang
|
19
|
CV galuang Raya
|
Dagang
|
3
|
Agung Permai
|
Pabrikan, Dagang, Jasa
|
20
|
Irna Collection
|
Dagang
|
4
|
ZeYn Busana
|
Dagang
|
21
|
Sabrinna Places
|
Pabrikan
|
5
|
Rapida Collection
|
Dagang
|
22
|
Yasmin Wear
|
Dagang
|
6
|
Al-Warda
|
Dagang
|
23
|
Najwa
|
Dagang
|
7
|
CV Banu Sejahtera
|
Dagang
|
24
|
PT Shafira Laras Persada
|
Pabrikan, Dagang
|
8
|
Fahreza Collection
|
Dagang
|
25
|
TKAfina Fashion
|
Dagang
|
9
|
Sweet Corner
|
Pabrikan, Dagang
|
26
|
Griya Busana Diana
|
Jasa
|
10
|
Ha-ti Production
|
Pabrikan, Dagang
|
27
|
Ar Roja
|
Dagang
|
11
|
Alyaa
|
Dagang
|
28
|
Fadhira Collection
|
Dagang
|
12
|
Fairuz Collection
|
Dagang
|
29
|
CV Rabbani
|
Pabrikan, Dagang
|
13
|
Diandira
|
Dagang, Jasa
|
30
|
Pratama Garmen
|
Dagang
|
14
|
PUTIE
|
Dagang
|
31
|
Zayanti
|
Pabrikan, Dagang
|
15
|
Insan Musllimah
|
Dagang
|
32
|
RNA Collection
|
Pabrikan, Dagang
|
16
|
Butik Hana
|
Dagang, Jasa
|
33
|
Atha Collection
|
Pabrikan
|
17
|
Alfas Collection
|
Dagang, Jasa
|
34
|
CV Mayagitha
|
Pabrikan, Dagang, Jasa
|
Lanjutan
|
|||||
No.
|
Nama
|
Sifat
|
No.
|
Nama
|
Sifat
|
35
|
Rabella Collection
|
Pabrikan, Dagang
|
41
|
Rumah Baju
|
Dagang
|
36
|
CosTuMe
|
Jasa
|
42
|
PT Mega Karya Indah Perkasa
|
Dagang
|
37
|
Adz Dzakwan Corporation
|
Dagang, Jasa
|
43
|
Crown Mas
|
Dagang
|
38
|
SuryaAdji
|
Dagang
|
44
|
SYABA
|
Dagang
|
39
|
Billah Collection
|
Pabrikan, Dagang
|
45
|
Swarna Collection
|
Pabrikan
|
40
|
Riza Bordir
|
Dagang
|
Sumber: http://www.indonetwork.co.id/comp/Ap5c/0.html
(Juli 2005), diolah.
Hal menarik lainnya tentang produk busana Muslim ini adalah mengenai hal apa yang membuat orang mau melakukan kunjungan atau bahkan pembelian produk Shafira? Apakah karena faktor produk yang ditawarkan disana memiliki variasi produk yang banyak? atau karena harga produk yang ditawarkan disana relatif terjangkau? atau tempat penjualan dimana terdapat korelasi antara kenyamanan dengan berbelanja? atau hanya sebuah trend untuk mengunjungi dan melakukan pembelian produk busana Muslim? Pada pengamatan sebelumnya mengenai tanggapan konsumen Shafira terhadap pelaksanaan kinerja bauran pemasaran perusahaan, maka terdapat beberapa orang pelanggan yang menyatakan tentang produk yang kurang memiliki tingkat kualitas yang diharapkan karena ternyata produk yang ditawarkan terkadang memiliki kekurangan, seperti jahitan yang kurang baik, warna yang luntur, dan terkadang sulit untuk mencari ukuran yang sesuai sehingga ada pelanggan yang mengeluhkan bahwa pelanggan tersebut harus menyesuaikan kembali busana yang telah dibeli karena tidak ada ukuran produk yang sesuai. Selain dari hal diatas ada juga yang menyatakan tentang alat-alat promosi yang terkadang masih belum dapat memberikan informasi menyeluruh mengenai Shafira hala lainnya lagi yaitu tempat yang agak dalam dan terkadang sulit untuk terjangkau. Namun terlepas dari itu semua, PT Shafira Laras Persada telah banyak memberikan kontribusi besar dalam perekonomian terutama dalam membangun trend mode Islami dalam jangka waktu yang cukup lama. Di lain sisi keberadaan Shafira merupakan suatu alternatif pembelian produk busana yang saat ini sedang menuai keuntungan yang cukup besar dikarenakan mode yang sedang menjamur di kalangan masyarakat. Kembali ke masalah loyalitas pelanggan yang cukup unik untuk dapat diperkirakan ini, maka kita akan membahasnya melalui sudut pandang manajemen pemasaran dalam membentuk suatu kinerja perusahaan dengan pendekatan atribut pemasaran yaitu pada model bauran pemasaran (marketing mix) yang dikembangkan oleh Kotler Philip (2003:393), terdiri dari product, promotion, price, dan place (distribution channel). Hal ini untuk melihat yang dirasakan pelanggan tentang kualitas produk atau jasa layanan perusahaan produk busana muslim dan kualitas produk atau jasa layanan seperti apa yang diinginkan oleh pelanggan. Untuk mengidentifikasi pemenuhan tingkat kualitas harapan para konsumen tidak mudah, karena sekali konsumen dapat merasakan kualitas produk atau jasa layanan yang tinggi baik dari perusahaan maupun dari pesaingnya, maka mereka akan mengharapkan pengalaman yang sama akan berulang. Apabila suatu perusahaan dapat mengidentifikasi kualitas produk atau jasa layanan sesuai dengan harapan konsumen, sudah barang tentu hal ini akan menimbulkan kepuasan pada konsumennya, dengan kata lain penawaran kualitas produk atau jasa layanan yang baik dapat mempengaruhi pemakaian ulang produk ataupun jasa perusahaan. Kualitas produk atau jasa layanan yang baik dalam menciptakan kepuasan konsumen memberikan berbagai manfaat, diantaranya memberikan dasar yang kuat bagi terciptanya kesetiaan konsumen yang pada akhirnya disebut sebagai loyalitas pelanggan. loyalitas pada suatu perusahaan akan membentengi pelanggan dari serangan para pesaing (retention). Di samping itu, loyalitas yang tinggi juga menjadi pendorong untuk melakukan pembelian ulang (repurchase) serta mengajak orang lain untuk menggunakan jasa tersebut (referral). Agar dapat memperoleh informasi yang lebih jelas dan disertai bukti ilmiah mengenai bagaimana pengaruh penerapan bauran pemasaran produk busana muslim dalam peningkatan kinerja, arahan, serta motivasi pemasaran terhadap pembentukan loyalitas pelanggan, perlu dilakukan suatu penelitian ilmiah. Untuk itu penulis akan melakukan penelitian dengan menjadikan butik busana muslim Shafira di jalan Sulanjana 28, Bandung sebagai studied population. 1.2 Identifikasi dan Rumusan Masalah PT Shafira Laras Persada adalah merupakan salah satu contoh perdagangan produk busana Muslim di Indonesia dan lebih kecil lagi yaitu di Kota Bandung selain dari perusahaan lain yang juga memproduksi busana Muslim. PT Shafira Laras Persada merupakan salah satu perusahaan produk busana Muslim yang cukup memiliki pelanggan yang loyal. Shafira yang berlokasi di wilayah Bandung memiliki dua butik sebagai tempat penjualan produk-produknya salah satunya adalah yang sedang penulis teliti yaitu Butik busana muslim Shafira di jalan Sulanjana 28 sedangkan lainnya berada di jalan Buah Batu 165 berlokasi di wilayah Bandung Selatan. Pada pengamatan sebelumnya terdapat beberapa orang pelanggan yang menyatakan tentang produk yang kurang memiliki tingkat kualitas yang diharapkan karena ternyata produk yang ditawarkan terkadang memiliki kekurangan seperti jahitan yang kurang baik, warna yang luntur, dan terkadang sulit untuk mencari ukuran yang sesuai sehingga ada pelanggan yang mengeluhkan bahwa pelanggan tersebut harus menyesuaikan kembali busana yang telah dibeli karena tidak ada ukuran produk yang sesuai. Selain dari hal diatas ada juga yang menyatakan tentang alat-alat promosi yang terkadang masih belum dapat memberikan informasi menyeluruh mengenai Shafira serta tempat yang agak dalam dan terkadang sulit untuk terjangkau. Kembali ke masalah loyalitas pelanggan yang cukup unik untuk dapat diperkirakan ini, maka kita akan membahasnya melalui sudut pandang manajemen pemasaran dalam membentuk suatu kinerja perusahaan dengan pendekatan atribut pemasaran produk yaitu pada model bauran pemasaran (marketing mix) yang dikembangkan oleh Kotler Philip (2003:393), terdiri dari product, promotion, price, dan place (distribution channel). Hal ini untuk melihat yang dirasakan pelanggan tentang kualitas produk atau jasa layanan perusahaan produk busana muslim dan kualitas produk atau jasa layanan seperti apa yang diinginkan oleh pelanggan. dari kedua fenomena di atas maka akan dihubungkan sehingga dapat dihasilkan hubungan yang terjadi apakah memiliki tingkat pengaruh yang signifikan atau tidak. Berdasarkan uraian identifikasi masalah diatas maka dapat diajukan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana kinerja bauran pemasaran yang meliputi produk, tempat, promosi, dan harga di butik busana Muslim Shafira dilihat dari tanggapan konsumen yaitu pelanggan busana Muslim Shafira. 2. Sejauh mana pengaruh kinerja bauran pemasaran terhadap pembentukan loyalitas pelanggan dalam pemberian rekomendasi, pemakaian ulang, membelia antar lini produk, dan penolakan terhadap produk lain di butik busana Muslim Shafira yang dilihat dari tanggapan konsumen yaitu pelanggan busana Muslim Shafira. 1.3 Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui bagaimana kinerja bauran pemasaran yang meliputi produk, tempat, promosi, dan harga di butik busana Muslim Shafira dilihat dari tanggapan konsumen yaitu pelanggan busana Muslim Shafira. 2. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kinerja bauran pemasaran terhadap pembentukan loyalitas pelanggan dalam pemberian rekomendasi, pemakaian ulang, membeli antar lini produk, dan penolakan terhadap produk lain di butik busana Muslim Shafira yang dilihat dari tanggapan konsumen yaitu pelanggan busana Muslim Shafira. 1.4 Kegunaan Penelitian Bagi Shafira, yaitu dapat menjadi bahan pertimbangan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mengevaluasi dalam menerapkan konsep bauran pemasaran bagi pelanggan ataupun konsumen lain, pemahaman tentang persepsi pelanggan terhadap bentuk penerapan kinerja bauran pemasaran yang ditawarkan dan loyalitas yang ditunjukkan memungkinkan pihak manajemen Shafira untuk mencari dan menerapkan cara pengelolaan terbaik. Pengetahuan tersebut juga dapat membantu pihak manajemen Shafira untuk mengembangkan indikator bauran pemasaran bagaimana yang merupakan bagian terpenting, sementara itu menekan kinerja dan biaya pada indikator-indikator yang kurang menarik bagi pelanggan. Bagi Universitas, diharapkan dapat dijadikan bahan penelitian lebih lanjut dalam bidang pemasaran terutama yang berkaitan dengan retailing, perilaku konsumen, dan komunikasi pemasaran khususnya mengenai penerapan kinerja bauran pemasaran pada perusahaan. Bagi Umum, menambah pengetahuan dan wawasan mengenai bentuk penerapan kinerja bauran pemasaran pada perusahaan.
<-- --="" di="" isi="" konten="" sini="">
-->
<-- --="" di="" isi="" konten="" sini="">
-->
<-- --="" di="" isi="" konten="" sini="">
-->
<-- --="" di="" isi="" konten="" sini="">
-->
0 komentar:
Posting Komentar